Rabu, 23 Maret 2011

Iklan & Kekerasan Simbolik - oleh: Dr. Endah Muwarni (23 maret 2011)

Iklan dan Kekerasan Simbolik



Iklan ada di mana-mana. Di rumah, jalanan pasar, kantor, kampus, sekolah, stasiun, halte bus, bandara, dll.

Pada dasarnya, iklan memiliki 2 fungsi yaitu fungsi informasional (iklan memberikan informasi mengenai karakteristik produk) dan fungsi transformasional (iklan mempersuasi khalayak untuk mengkonsumsi produk tersebut).

Pergeseran Fungsi Iklan:
Iklan tidak hanya bertujan dan mempengaruhi calon konsumen untuk membeli suatu
produk. Akan tetapi lebih dari itu, iklan turut berpengaruh dalam membentuk system nilai,
gaya hidup maupun selera budaya tertentu.
Iklan tidak hanya memvisualisasikan kualitas dan atribut dari produk yang harus dijualnya,
tetapi mencoba membuat berguna sesuatu dan ciri produk tersebut mempunyai arti sesuatu
bagi kita.

Iklan Dalam Pemikiran Sosial:
Pollay membagi fungsi iklan menjadi dua :
- fungsi informasional yaitu tentang bagimana karakteristik dari suatu produk sering kali diidentikkan dengan penjelasan fungsi produk yang bersangkutan
- fungsi transformasioanal yaitu iklan dari suatu produk berfungsi sebagai pengubah sikap konsumen terhadap merk, pola belanja, gaya hidup, teknik mencapai sukses , dan lainnya)

Sedangkan Baudrillard memaparkan bahwa iklan adalah bagian dari sebuah fenomena sosial bernama consumer society,  objek dalam iklan tidak berdiri sendiri melainkan dibentuk oleh suatu sistem tanda. 
Analisis Baudrillard berkontribusi dalam mengembangkan analisa mengenai mengenai produksi dan reproduksi pesan yang melibatkan perang dan citra dari masyarakat kontemporer.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar